Senin, 28 Maret 2011

Suami Yang Baik Menurut Alkitab

PRELUDE: "SUAMI YANG BAIK ITU LEMBUT SEBAGAI GEMBALA, TEGAS SEBAGAI PEMIMPIN." TIDAK SEORANGPUN YANG SEMPURNA, NAMUN IMPIAN SEORANG SUAMI YANG BAIK ADALAH MENJADI SEMPURNA SEPERTI YESUS DAN MENJALANI PROSESNYA." (ths).

INTRO
Hasil searching Alkitab Elektronik 1974 LAI kepada kata "suami", saya menemukan ada 145 kata. Ini belum saya tambah dengan kata 'bapa, orangtua' dll. Kata ini adalah salah satu kata yang cukup banyak disebutkan di Alkitab. Ini menunjukkan bahwa 'suami/bapa/orangtua' mendapat penekanan khusus oleh Alkitab sehingga Alkitab banyak membahasnya. Dari semuanya saya menyimpulkan bahwa suami yang baik adalah: "SUAMI YANG MAU MENJADI SEPERTI YESUS"

real men love JESUS 
(Pria sejati mencintai YESUS). 
Jika seorang pria mencintai Yesus; 
saya percaya dan menjamin, ia adalah suami, 
ayah dan sahabat yang baik.
SUMBER PENULISAN:

Efesus/EPHESIAN 5:25-33; 5:25 Hai suami, KASIHILAH isterimu sebagaimana Kristus telah MENGASIHI jemaat & tlh MENYERAHKAN diriNya baginya 5:26 utk MENGUDUSKANnya, sesudah Ia MENYUCIKANnya dengan MEMANDIKANnya dengan AIR dan FIRMAN, 5:27 spy dengan demikian Ia MENEMPATKANkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan CEMERLANG tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat KUDUS dan tidak bercela. 5:28 Demikian jg SUAMI harus MENGASIHI isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri.5:29 Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi MENGASUHnya dan MERAWATInya, sama seperti Kristus terhadap jemaat, 5:30 krn kita adalah anggota tubuhNya. 5:31 Sb itu laki-laki akan MENINGGALKAN ayahnya dan ibunya dan berSATU dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi SATU DAGING. 5:32 Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah HUBUNGAN Kristus dan jemaat. 5:33 Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: KASIHILAH isterimu seperti dirimu sendiri dan ISTERI hendaklah MENGHORMATI suaminya.

Mengapa saya menyimpulkan bahwa menjadi suami yang baik adalah ia harus menjadi seperti Yesus? Karena Alkitab memberikan standard yang jelas untuk suami yang baik. Alkitab memberikan analogi hubungan suami - istrinya sama dengan hubungan Kristus dengan gerejaNya.


Suami yang baik adalah seperti KRISTUS mengasihi GerejaNya. Mengapa ? Karena terdapat unsur-unsur yang luar biasa di dalam MENGASIHI yang diteladankan Yesus, yaitu :


1. MENGASIHI
& MENYERAHKAN DIRINYA KEPADA ISTRI
 
Suami yang mengasihi. Mengasihi isterinya. Unsur yang diteladankan Kristus di dalam mengasihi adalah menyerahkan diriNya untuk gereja. Unsur yang pertama adalah PENGORBANAN.


marriage takes a lots of love

Efesus 5:25 "Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah MENGASIHI jemaat dan telah MENYERAHKAN diri-Nya baginya." Suami yang baik adalah suami yang berkorban untuk isterinya. Tuhan Yesus telah berkorban dan menyerahkan nyawaNya untuk jemaatNya demikianlah suami yang baik. Ia rela mati demi membela dan berkorban untuk istrinya. Bentuk kasihnya adalah melakukan apapun untuk memperjuangkan hal-hal yang baik demi isterinya.

2. SETIA KEPADA ISTERINYA


Efesus 5:26 "Sama seperti Kristus telah MENGUDUSKAN diriNya untuk gerejaNya"; menjadi suami yang baik adalah SETIA kepada istrinya. Tidak mencemari dirinya dengan berselingkuh. Suami yang baik adalah suami yang mempunyai satu orang isteri dalam hidupnya. Efesus 5:26. Suami yang yang baik tahu menjaga diri dan pergaulan. Di dalam salah satu notes; saya menulis sebuah kejadian unik di kelas saat di bangku KULIAH. Dosen KONSELING KRISTEN kami DR. CHRISTIAN NUGROHO, M.Div., memberikan contoh bagi pasangan tentang 'kepemilikan tubuh PASUTRI (pasangan suami istri)". Beliau mengemukakan bahwa: "kelak jika kalian menikah, berdirilah di hadapan pasanganmu dalam keadaan telanjang. Dengan menunjuk kepada alat-alat vital masing-masing sembari katakan kepada pasangan anda bahwa tubuh anda adalah bukan milik anda semata, tetapi milik pasangan anda". Suami mengatakannya kepada istrinya dan istrinya mengatakan kepada suaminya. Dulu saya tidak mengerti dan menilai dosen saya berlebihan.Saya berpikir mungkin pemikiran Barat sudah merasuk di otak dosen saya neh.. Karena dosen saya lulusan Amerika. Hingga saya mempelajari sendiri Efesus 5 khususnya ayat 26 ini dan ROH KUDUS memberikan pencerahan kepada saya; akhirnya saya menemukan betapa dalam makna yang dimaksudkan dosen saya itu. Jika kita menyadari bahwa kepemilikan tubuh kita bukan milik kita sendiri maka serta-merta kita akan sadar untuk menjaga tubuh ini. Kita tidak akan sembarang merusak tubuh kita. Kita tidak akan tidur dengan siapapun selain istri kita. Kita akan menjaga tubuh kita bugar dan sehat demi istri kita. Kita tidak memakan makanan yang sembarangan dan mencemari tubuh kita dengan obat-obatan, rokok, minuman keras ataupun drugs lainnya. Selain itu kita akan tertantang oleh statement ayat 26 ini bahwa YESUS menguduskan diriNYA untuk gerejaNYA; maka sebagai suami dan pria sejati kitapun akan menguduskan tubuh kita untuk istri kita masing-masing. Kita akan termotivasi untuk lebih dekat kepada TUHAN dan hal-hal yang sifatnya rohani sebagai bentuk menjaga diri kita. Karena kita sadari bahwa kita bukanlah orang yang kuat menghadapi berbagai godaan.


3. MENJADI IMAM BAGI RUMAH TANGGANYA


EFESUS 5:26 "... sesudah Ia MENYUCIKANNYA dengan MEMANDIKANNYA dengan air dan firman..", Ayat ini juga memiliki makna yang dalam bagi saya; Seperti Kristus menyucikan gereja dengan memandikannya dengan air dan Firman artinya bagi suami yang baik adalah suami yang baik itu adalah menjadi IMAM buat istri dan anak-anaknya. Ia bertanggung jawab untuk menumbuhkembangkan kerohanian isteri dan anak-anaknya. Dengan kerohaniannya ia akan menjadi cermin hidup yang akan diteladani istri dan anak-anaknya. Kesalehannya seumpama sabun hidup, dan air rohani yang memandikan, membersihkan kehidupan istri dan anak-anaknyanya. Jika suatu saat ada yang bertanya kepada anak-anaknya; "Siapa pemimpin rohani, mentor yang bisa kamu teladani?" Si anak akan menjawab jelas: "AYAHKU".


daddy... as time passess, I may not need you to hold my hand. I need you to hold my heart

Jika ada yang bertanya kepada istrinya; "Siapa pria yang paling berpengaruh dihidupmu." Sang istri akan menjawab dengan jelas: "SUAMIKU". Ia adalah seorang imam, ia harus menjadi teladan dalam semua aspek untuk RTnya. Tanggungjawab rohani dan jasmani ada di pundaknya. Selanjutnya terlihat hasil tanggung jawab rohani yang diteladankan Kristus bagi suami adalah terdapat di dalam ayat 27-30; Sama seperti Kristus membawa gerejanya menjadi tidak bercela, cemerlang, sempurna di hadapan Bapa; demikianlah suami yang baik. Suami yang baik adalah suami yang terus-menerus meningkatkan kualitas rohaninya dan kualitas itu akan dia impartasikan kepada istri dan anak2nya. Sangat naif sekali jika dikatakan bahwa istri adalah pesyafaat RT, justru dari ayat ini kita bisa menilai bahwa pesyafaat itu adalah inisiatif Yesus. Sebagai aplikasinya maka suami yang baik akan memotivasi, menjadi inisiator doa dalam keluarganya. Di dalam ayat ini juga dikatakan "memandikan gerejaNYA dengan "air dan firman" artinya adalah bahwa suami yang baik adalah suami yang mencintai Firman TUHAN, Ia kuat dan segar akan Firman. Ia cintai Firman TUHAN, Ia hidup dan menghidupi Firman TUHAN. Dan Firman TUHAN yang ia hidupi itu ia bagikan kebada istri dan anak-anaknya. Ia menjadi guru yang memperdengarkan dan meneladankan Firman TUHAN kepada keluarganya. Suami yang baik akan menegakkan panji-panji kebenaran dalam rumah tangganya, dia akan menjaga kesucian keluarganya.


Daddy and MJ when He was 3,5 months
 4. MENGGEMBALAKAN ISTERINYA :

Efesus 5:29 mengatakan: "Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi MENGASUHnya dan MERAWATIinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat". Saya memberikan penilaian kepada ayat ini dengan cara saya yang berbeda yaitu bahwa suami dan istri adalah sudah dipersatukan. Tugas suami yang baik adalah menjaga istrinya dan merawat serta mengasuhnya. Suami yang baik adalah suami yang dewasa. Sebagai seorang pria yang dewasa ia akan lebih banyak mengalah dibanding istrinya. Karena ayat ini memiliki nilai "pastoring", artinya adalah bernilai "Penggembalaan". Pria sejati akan mementoring istrinya, menuntunnya bila perlu menggendongnya. Mengapa? Krn ayat ini mengatakan "MENGASUH-nya"; maka di sana akan ada unsur-unsur penggembalaan atas RTnya. Itulah sebabnya saya sangat menentang KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) apapun alasannya. Karena tugas pria sejati, suami yang baik adalah merawat, menjaga, mengasuh isterinya bukan memukul, melukai, mencederai atau menyakiti isteri ataupun anak-anaknya. Pria sejati itu lembut ketika ia menjadi GEMBALA bagi keluarganya dan tegas ketika ia berperan sebagai PEMIMPIN. Pria sejati adalah pria yang Lembut sebagai GEMBALA, tegas saat MEMIMPIN.


5. INDEPENDENT, VISIONER DAN LEADERSHIPNYA KUAT


Suami yang baik adalah suami yang membangun 'KERAJAANNYA' sendiri. EFESUS 5:31 "Sebab itu laki-laki akan MENINGGALKAN ayahnya dan ibunya dan BERSATU dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging" Makna ayat ini sungguh fleksibel, saya memahaminya sebagai INDEPENDENSI RTnya. Suami yang baik memiliki tekat yang bulat di dalam hatinya bahwa RT yang di bangunnya adalah rumah tangga yang independent, tidak bergantung kepada siapapun termasuk orangtuanya, mertuanya, saudaranya, sahabat-sahabatnya. Tentunya dengan pertimbangan dan penilaian atas kemampuannya. Ia tahu kapan ia akan memutuskan ia akan berjalan hanya dengan isterinya dan anak-anaknya. Di

dalam ini juga ada unsur LEADERSHIP dalam RTnya; dia menjadi pemimpin untu sebuah perjalanan RTnya yang menuju pulau kebahagiaan dekat kepada ALLAH. Itulah tujuannya. Ia memiliki VISI yang jelas untuk RTnya. Suami yang baik dengan bijak ia akan lebih mengutamakan istri dan anak-anaknya daripada keluarganya. Karena Ayat ini mengatakan ia akan meninggalkan ayahnya dan ibunya untuk bersatu dengan istrinya. Ia akan menghapus semua pertanyaan dalam sebuah lagu: "ENTAH KE MANA DIBAWA HUBUNGAN KITA?" Ia akan menjelaskan tujuan rumah tangganya dan membawa RT melewati 'race' yang mereka akan jalani. Ia akan mengayomi RTnya selama mereka menjalaninya.

daddy you are my hero...
6. MEMBANGUN KOMUNIKASI YANG BAIK

ring is symbolize of eternality

Suami yang baik adalah suami yang membangun KOMUNIKASI yang baik dengan isterinya. Efesus 5:32 "Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah HUBUNGAN Kristus dan jemaat". Pasti setiap pria menginginkan menjadi pria yang dikasihi, pria sejati. Saya akan memberikan rahasia yang besar yang tersembunyi dan sekarang disingkapkan. Sama seperti Kristus membangun HUBUNGAN yang baik untuk gereja demikianlah suami yang baik berjuang membangun hubungan yang baik dengan isterinya. Ia akan berjuang untuk menciptakan komunikasi yang sehat dengan istri dan anak-anaknya.
7. Compliment :

Ada satu point yang tidak terdapat di dalam Efesus 5 namun ini sangat penting. Apakah dia? PRIA sejati, suami yang baik adalah seorang yang memberi MAAF dan mau MEMINTA MAAF. Pertanyaannya mengapa Efesus tidak mencatat sehingga kita bisa terberkati olehnya. Why Kristus tidak meneladankan itu kepada gerejanya? Jawabannya sederhana karena KRISTUS ITU SEMPURNA. Kesempurnaan tidak mungkin memiliki salah; maaf apakah yang harus dimintakan SANG SEMPURNA kepada Gereja. Karakter memaafkan ada padaNya. Dia pengampun dan pemaaf. Dia mengampuni dan melupakan. Namun adakah lelaki yang sempurna seperti Kristus? Jawabannya tidak. Jika anda sadar anda adalah seorang suami yang berpotensi melakukan kesalahan; maka sadarilah kalimat: "Maafkan saya, saya bersalah kepadamu." Biasakan dengan kalimat itu, mungkin asing untuk pria tapi itu adalah rahasia SUAMI YANG BAIK.



RICARDO & FRIENDS – I LOVE YOU DADDY

Daddy, yo know how much I love you. I need you, forever, I'll stay by your side. Daddy, oh daddy, I wont always please you. But I'll never stop trying to be your number one.

You understand me, you teach me how to PRAY. And you play the games I love to play. I have no fear, when you near. You guide me through the darkest night.

CHORUS :

I love you daddy, oh daddy, You are my hero.
And You're always in my dreams. I love you daddy, oh daddy. You are my superstar.

Daddy you know how much I love you. I want you to help me to show me the way. Daddy oh daddy, sometimes I might do wrong. But I'll never stop trying to be your number one

I WANT TO SHOW YOU I’LL BE AS STRONG AS YOU
WHEN I GROW UP, I’LL STILL LOOK UP TO YOU
SO HAVE NO FEAR, I’M ALWAYS HERE
I WILL BE MY DADDY’S BOY

CHORUS X 2

YOU’RE ONE IN A MILLION , AND A MILLION IN ONE
FOREVER I WANT TO , BE BY YOUR SIDE
YOU’RE ONE IN A MILLION, SHOW ME THE WAY
GUIDE ME THROUGH MY LIFE

CHORUS X 3

KESIMPULAN
 
Apakah anda merindukan menjadi suami yang baik? Menjadi suami yang baik adalah kerinduan yang mulia. Jika kerinduan itu ada jadilah seperti YESUS anda segera menjadi suami yang baik. Mengasihi seperti Yesus mengasihi gereja; suami yang baik adalah:


  1. MENGASIHI ISTRINYA,  
  2. SETIA KEPADA ISTRINYA. 
  3. MENJADI IMAM BUAT RUMAH TANGGANYA. 
  4. MENGGEMBALAKAN ISTRINYA. 
  5. INDEPENDENT , VISIONER dan memiliki LEADERSHIP yang mantap 
  6. Suami yg baik adalah suami yg membangun KOMUNIKASI yg baik dengan isterinya.
  7. Suami yang baik adalah suami yg sadar dia tidak sempurna sehingga ia dengan rela MINTA MAAF.
Sebuah persembahan dari saya untuk semua PRIA yang MERINDUKAN MENJADI SUAMI DAN PRIA SEJATI.

Salam di dalam kebahagiaan

Sekian
 
Tommy Hansen Silalahi M.Th.


ministry and counselling line:

081 384 694 224
0818 400 992

1 komentar:

  1. sangat menginspirasi dan memberkati
    trima kasih untuk artikel yang luar biasa ini :)
    sukses selalu ya pak :)
    Gbu

    BalasHapus